Curhatan Pengalaman PKL dan Masalah yang Ditemukan di Perusahaan (Curhat Mode ON)
Hallo...... udah lama banget aku ga nulis blog haha udah buluk kali ya blog ini..
skrg jam setengah dua belas malem, hari selasa dan aku lagi sakit hehehe maap yak curhat
Kali ini, aku mau cerita tentang.. apa ya, aku mau curhat aja deh. Tentang gimana rasanya PKL di perusahaan..
Jadi, aku kan kuliah di Politeknik Negeri Bandung(Politeknik ITB) udah pernah aku post sebelumnya.. dan sekarang aku udah tingkat 4. Yup tingkat akhir
Disini, diwajibin buat PKL selama tiga bulan, dan aku sekarang sedang PKL di suatu perusahaan BUMN sebut saja PT.X hehe karena aku takut jadi pencemaran atau gimana klo disebutin perusahaannya huhu
Aku mau cerita aja nih.. klo perusahaan ini tuh punya aset yang banyaaaaaaaaaakkkk banget dari mulai aset bangunan, kendaraan, rumah dinas (sampe 700an gitu), tapi yang aku lihat.. kan aku belajar manajemen aset nih.. mereka kurang memanfaatkan aset yang ada
Huhu sayang banget padahal aset yang banyak itu bisa dimanfaatkan jadi yang lain
Misal nih, tanah kosong bisa dimanfaatin jadi apaaa gitukan pake prinsip HBU (highest best use) analysis gitu, jadi bisa jadi pemasukan yang lebih buat perusahaan bersangkutan, Balik lagi, pasti gara2 biaya.. iya.. uang disni tuh kebanyakan dikeluarin buat karyawan.. bayangin aja, dari sekitar 480m pendapatan, 240m nya buat karyawan.. jadi yang aku liat perusahaan ini lebih menitikberatkan pada kesejahteraan karyawannya.. hehe
Bagus sihh... tapi kan masih banyak yang lain yang mesti diperbaiki...
Aku juga bentar lagi harus ngumpulin buat Studi Kasus, aku harus ngumpulin berbagai masalah yang ada disini dan berikut dengan solusi nya
Aku baru nemu masalah kayak:
1. Tidak terkelolanya rumah dinas
GILAAA aja 700 buah rumah dinas, rata2 dihuni sama anak cucunya, kan SAYANG BANGET CIOYYY soalnya belum jelas SOPnya. Pas aku nyari tau, emang lagi dibikin sama bagian hukum tapi ya itu belum jadi2 uhuhuhuhuhuhuh
Itu 700 rumah sayang banget loh klo cuman jadi fasilitas karyawan, maksud aku gak semuanya ngisi rumah itu kan... banyak banget yang kosong dan gak terurus gitu... jadinya dipake sama masyarakat
Duh, gimana ya. Apa aku yang salah? Aku sih mikirnya profit oriented hehehe
Nanti deh aku cari lagi ilmunya solusi buat rumah ini kaya gimana...
Emang sih harusnya sosial benefit gitu, tapi kan tetep aja klo perusahaan nyarinya untung, harusnya rumah itu tuh dimanfaatin.. Nih misalnya dibagusin, disewain buat jadi gudang di perusahaan2 yang deket situ. Soalnya deket juga sama perusahaan2 tekstil, perusahaan2 yang membutuhkan gudang..
Oke, masalah selanjutnya adalah........
2. persengketaan lahan (BEUUUHH setiap BUMN atau setiap perusahaan pasti punya masalah ini)
3. tidak adanya pembagian tugas yang merata di perusahaan ini.
padahal perusahaan BUMN yang gede, tp kok sayang banget... masa sih dr teknik mesin dia ditempatin di administrasi.. katanya biar job rolling gitu.. tapi sayang banget ilmunya gak ke pake,.. ini gimana ya bagian SDM maksudnya biar apasih? Heuuuu
4. banyak lahan yang belum kepake, sayang banget euy ini ga optimaaal
5. kan ada kawasan pariwisatanya, mahal banget dan ga produktif gitulah, aku pingin banget benahin bagian ini.... tapi ya aku kan jrsan management aset, bukan management pariwisata..
itu sih, baru segitu masalah yang aku temuin...
nanti aku nulis lagi ya, sama teorinya deh biar ga kaya curhat aja.. hehehe
berhubung aku otw jomblo, jadi kayanya bakal curhat disini aja.. gapapalah, siapa tau nambah ilmnu oranglain hahaha
aku mau mulai giatin lagi nulis blog.. semngaatt!!! haha
skrg jam setengah dua belas malem, hari selasa dan aku lagi sakit hehehe maap yak curhat
Kali ini, aku mau cerita tentang.. apa ya, aku mau curhat aja deh. Tentang gimana rasanya PKL di perusahaan..
Jadi, aku kan kuliah di Politeknik Negeri Bandung(Politeknik ITB) udah pernah aku post sebelumnya.. dan sekarang aku udah tingkat 4. Yup tingkat akhir
Disini, diwajibin buat PKL selama tiga bulan, dan aku sekarang sedang PKL di suatu perusahaan BUMN sebut saja PT.X hehe karena aku takut jadi pencemaran atau gimana klo disebutin perusahaannya huhu
Aku mau cerita aja nih.. klo perusahaan ini tuh punya aset yang banyaaaaaaaaaakkkk banget dari mulai aset bangunan, kendaraan, rumah dinas (sampe 700an gitu), tapi yang aku lihat.. kan aku belajar manajemen aset nih.. mereka kurang memanfaatkan aset yang ada
Huhu sayang banget padahal aset yang banyak itu bisa dimanfaatkan jadi yang lain
Misal nih, tanah kosong bisa dimanfaatin jadi apaaa gitukan pake prinsip HBU (highest best use) analysis gitu, jadi bisa jadi pemasukan yang lebih buat perusahaan bersangkutan, Balik lagi, pasti gara2 biaya.. iya.. uang disni tuh kebanyakan dikeluarin buat karyawan.. bayangin aja, dari sekitar 480m pendapatan, 240m nya buat karyawan.. jadi yang aku liat perusahaan ini lebih menitikberatkan pada kesejahteraan karyawannya.. hehe
Bagus sihh... tapi kan masih banyak yang lain yang mesti diperbaiki...
Aku juga bentar lagi harus ngumpulin buat Studi Kasus, aku harus ngumpulin berbagai masalah yang ada disini dan berikut dengan solusi nya
Aku baru nemu masalah kayak:
1. Tidak terkelolanya rumah dinas
GILAAA aja 700 buah rumah dinas, rata2 dihuni sama anak cucunya, kan SAYANG BANGET CIOYYY soalnya belum jelas SOPnya. Pas aku nyari tau, emang lagi dibikin sama bagian hukum tapi ya itu belum jadi2 uhuhuhuhuhuhuh
Itu 700 rumah sayang banget loh klo cuman jadi fasilitas karyawan, maksud aku gak semuanya ngisi rumah itu kan... banyak banget yang kosong dan gak terurus gitu... jadinya dipake sama masyarakat
Duh, gimana ya. Apa aku yang salah? Aku sih mikirnya profit oriented hehehe
Nanti deh aku cari lagi ilmunya solusi buat rumah ini kaya gimana...
Emang sih harusnya sosial benefit gitu, tapi kan tetep aja klo perusahaan nyarinya untung, harusnya rumah itu tuh dimanfaatin.. Nih misalnya dibagusin, disewain buat jadi gudang di perusahaan2 yang deket situ. Soalnya deket juga sama perusahaan2 tekstil, perusahaan2 yang membutuhkan gudang..
Oke, masalah selanjutnya adalah........
2. persengketaan lahan (BEUUUHH setiap BUMN atau setiap perusahaan pasti punya masalah ini)
3. tidak adanya pembagian tugas yang merata di perusahaan ini.
padahal perusahaan BUMN yang gede, tp kok sayang banget... masa sih dr teknik mesin dia ditempatin di administrasi.. katanya biar job rolling gitu.. tapi sayang banget ilmunya gak ke pake,.. ini gimana ya bagian SDM maksudnya biar apasih? Heuuuu
4. banyak lahan yang belum kepake, sayang banget euy ini ga optimaaal
5. kan ada kawasan pariwisatanya, mahal banget dan ga produktif gitulah, aku pingin banget benahin bagian ini.... tapi ya aku kan jrsan management aset, bukan management pariwisata..
itu sih, baru segitu masalah yang aku temuin...
nanti aku nulis lagi ya, sama teorinya deh biar ga kaya curhat aja.. hehehe
berhubung aku otw jomblo, jadi kayanya bakal curhat disini aja.. gapapalah, siapa tau nambah ilmnu oranglain hahaha
aku mau mulai giatin lagi nulis blog.. semngaatt!!! haha
Komentar
Posting Komentar